Tuesday 25 March 2014

Badabum!

Selamat bulan Maret! Gimana Maret kalian sejauh ini? Kalau aku diluar perkiraan saudara-saudara, out from my plan! Hiks sedih banget rasanya, padahal udah aku rencanain bulan ini selesai semua urusan sekolah daaaan ternyata masih ada yang diurus lagi. Ya sudah mau gak mau harus mundur (lagi). Pengen rasanya nyerah, tapi nyerah gak bisa hasilin apa-apa, sayang banget juga udah sejauh ini. Hiks, aku kudu semangat! :")

Anyway, tadi pagi aku bikin Cinnamon Rolls gara-gara gak sengaja liat Cinnamon Rolls-nya Starbucks yang ajigile menggiurkan itu. Berhubung tanggal tua banget dan lagi gak boleh hura-hura, akhirnya aku bikin Cinnamon Rolls sendiri aja. I'm so blessed that I can cook!

Cinnamon Rolls ini bisa buat sarapan atau buat temen ngopi loh! Bisa juga buat bekal sekolah atau ngantor atau bisa juga buat hadiah buat calon mertua. Ditaruh di keranjang rotan, dibungkus plastik cling, lalu dipitain. Aih, manis banget dan cara jitu banget buat luluhin hati camer. Anyway, aku kapan ya bisa ngasihin ke camerku? *langsung shalawat 0:)

Jadi resep ini sebenarnya resep dasar aku dari dulu kalau bikin roti, segala roti! Mau burger bun, roti unyil, roti tawar, apa aja! Selain praktis, resep ini juga gak perlu bahan banyak-banyak. Rata-rata resep bikin roti itu pakai tepung sekitar 500 gram untuk satu resepnya, yang pasti kneading-nya luar biasa capeknya (kecuali punya mixer kece yang bisa kneading dough, duh pengen!) dan hasilnya buanyak sekali. Aku pernah nih bikin pakai resep yang tepungnya banyak, masak dari siang sampai sore, hasilnya juga alamaaaak banyak sekali sampai tetangga-tetangga kebagian. Gak kebayang deh baker-baker yang tiap hari bikin kue banyak gitu, muscle mereka pati udah terbentuk sempurna tanpa nge-gym, hehe :p

Untuk resep yang aku share ini bisa untuk 5 sampai 6 orang aja dan proses pembuatannya gak selama bikin roti biasanya, gak capek-capek banget pokoknya. Dan ini resepnya...


Cinnamon Rolls


Bahan-bahan Dasar Roti :

- 120 ml susu hangat

- 1,5 sdm gula

- 1 sdt yeast atau ragi

- 1 sdm minyak canolla atau melted butter

- 2 sdm telur yang sudah dikocok lepas (sisanya untuk olesan)

- 240 gram tepung terigu untuk roti (contohnya Cakra Kembar)

- 1/2 sdt baking powder

- sejumput garam



Cara Membuat :

- Campurkan yeast, gula dan susu hangat di dalam mangkok. Aduk rata dan diamkan di suhu ruang, jangan lupa tutup dengan lap yang sudah dibasahi sedikit. Diamkan selama 10 menit atau sampai ragi mengembang.

- Campurkan semua adonan kering, taruh di baskom. Buat lubang tengah di tepung tadi, masukkan campuran ragi, telur dan minyak. Aduk perlahan-lahan sampai rata, lalu uleni sampai kalis. Kalau kurang tepung terigu, bisa ditambahkan sedikit-sedikit. Jangan banyak-banyak ya nanti bisa-bisa rotinya bantat.

- Kalau sudah kalis, bulatkan adonan dan taruh di baskom. Diamkan selama 30 menit di suhu ruang. Jangan lupa tutup baskom dengan lap basah.

- Setelah adonan mengembang dua kali lipat, kempiskan dan taruh diatas meja marmer atau talenan yang besar yang sebelumnya sudah ditaburi tepung terigu sebelumnya. Taburi adonan atas dengan tepung terigu, tipiskan dan usahakan bentuk persegi panjang ya. Tipiskan kira-kira 1/2 cm aja.

- Olesi tipis-tipis dengan butter sampai rata, lalu taburi dengan 6-8 sendok makan gula palm yang sudah dicampur dengan 2 sendok teh bubuk kayu manis. Gulung adonan.

- Lalu dengan pisau tajam, potong adonan menjadi 8. Taruh di pinggan anti panas atau loyang yang sebelumnya sudah di olesi butter tipis-tipis. Diamkan selama 45 menit.

- Panaskan oven dengan suhu 200 DC, kalau pakai oven tradisional pakai api antara sedang dan besar.

- Setelah adonan sudah mengembang, olesi atasnya dengan telur kocok sisa tadi. Masukkan ke oven, panggang selama krang lebih 20 menit atau sampai kecoklatan.

- Setelah matang, angkat dan tunggu sampai agak hangat. Ketika sudah hangat, bisa olesi dengan glaze diatasnya (1/4 cup gula halus + 1 sdt susu cair + sedikit vanille, aduk rata). Sajikan!





Kayaknya njelimet ya, padahal gak sama sekali loh. Hal paling gak nyenengin cuma kneading sama nunggu, udah itu doang yang nyebelinnya. Tipsnya, susu harus anget atau kalau bingung angetnya seberapa bisa juga pakai susu yang suhu ruang, cuma raginya ngembangnya lebih lama sedikit. Kalau gak punya canolla oil, bisa diganti melted butter atau margarine, atau bisa juga pakai minyak goreng. Oh ya, sebaiknya pakai tepung terigu serbaguna waktu nambahin tepung ke adonan. Karena pengalamanku kalau pakai tepung roti justru jadinya gak lembut.

Kalau baru pertama kali bikin roti pasti bingung deh, adonan kalis itu kayak apa? Jadi tandanya adonan kalis itu adonan gak nempel-nempel lagi di tangan dan adonan bisa alus waktu adonan dibulatkan. Dan ingat ya, jangan banyak-banyak tambahin tepungnya. Cukup tangan dan permukaan adonan aja yang di taburi tepung tipis-tipis, uleni sampai rata, kalau masih lengket ulangi proses tadi sampai adonan kalis sempurna.

Segitu aja deh, semoga berguna buat kalian. Jangan lupa dipraktekin ya! Selamat Malam :)




No comments:

Post a Comment