Wednesday 24 February 2016

AW Waffle atau Belgian Waffle?

Hai hai semua, berhubung banyak sekali yang membaca post aku tentang waffle dan beberapa bertanya tentang Belgian Waffle, kali ini aku akan membahas apa sih Belgian Waffle? Sama enggak sih dengan Waffle AW? So, here we go..


Gambar "A&W Waffle" diambil dari sini

Siapa sih yang gak tahu waffle? Jajanan satu ini sangat digemari oleh banyak orang, termasuk aku. Sekarang banyak sekali variasinya, dari yang manis sampai savoury. Waffle saat ini mudah sekali ditemui di cafe-cafe. Tetapi kalian merasa gak kalau setiap cafe punya waffle yang berbeda-beda teksturnya? Ada yang berat, ada yang garing, ada yang ringan, ada yg ringan banget, bahkan ada juga yang bantet (duh!). 





Gambar diambil dari sini

Belgian waffle disebut-sebut waffle terenak dan sangat populer di banyak negara, termasuk Indonesia. Nah, apakah kalian tahu kalau Belgian waffle justru tidak ada di Belgia? Di Belgia sendiri,  hanya ada dua macam waffle, Brussels Waffle dan Liege Waffle.


Gambar diambil dari sini

Pernah merasakan waffle yang yeasty, crispy, ringan, dan banyak rongga udaranya? Nah itu lah Brussels waffle. Di Belgia sendiri ada 2 cara untuk memakannya, dengan topping whipped crean dan irisan strawberry atau hanya dengan taburan gula bubuk saja. Tidak seperti kebanyakan waffle yang dimana toppingnya tumpeh-tumpeh (deuuh macam Jupe aja, haha). Salah satu temanku yang pernah berkunjung ke Belgia, beberapa Brussels waffle yang dia coba menggunakan beer supaya lebih ringan dan crispy; namun tradisionalnya hanya menggunakan ragi saja untuk mendapatkan tekstur yang airy dan crispy. Waffle ini lah yang sering disebut-sebut sebagai Belgian waffle.


Gambar diambil dari sini

Nah, berbeda halnya dengan Liege waffle. Jenis waffle ini lebih ringan dan dimakan tanpa topping apapun karena di luar waffle nya terdapat caramel gula. Adonannya pun berbeda dengan Brussels waffle yang kental seperti adonan waffle kebanyakan. Adonan Liege waffle seperti adonan brioche atau roti yang diberi bongkahan-bongkahan kecil gula, lalu dipanggang di cetakan waffle. Kebetulan aku pernah mencoba waffle jenis ini, bukan di Belgia sih, tetapi di salah satu cafe di Bangkok, Thailand; tepatnya di Siam Paragon (atau Discovery?). Aku memesan Liege Waffle karena katanya wafflenya enak dan paling murah (ekonomis ya boo, tetep!). Aku sempat melongo karena mereka hanya menyajikan satu buah waffle seukuran telapak tangan tanpa topping apapun; ya maklum ekspektasiku paling enggak ada topping whipped cream dan satu buah strawberry. Waktu aku coba, enak banget! Crispy, light, dan ada karamel disisi luar waffle. Sayangnya aku enggak foto penampakannya :(

Kalau Belgian Waffle bukan makanan authentic Belgia, kenapa dinamakan Belgian Waffle?

Nah ini berdasarkan wikipedia.com bahwa nama Belgian Waffle merupakan nama yang dibuat-buat oleh seorang chef berasal dari Amerika bernama Maurice Vermersch. Ia menggunakan resep Brussels waffle. Berhubung orang Amerika pada saat itu masih asing dengan nama "Brussels", maka Vermersch menamakannya dengan Belgium Waffle.

Jadi, apakah waffle AW dan Belgian Waffle itu berbeda? Yap, berbeda..banget!

Seperti yang kita tahu, AW adalah fast food yang berasal dari Amerika. Tagline-nya saja sudah jelas kan "All American Food", jadi waffle AW bukan Belgian waffle tetapi American waffle. Waffle ini lebih berat dibandingkan Belgian Waffle. American waffle lebih seperti pancake yang dicetak dengan cetakan waffle, yah karena memang adonannya sama sih.

Nah sekarang sudah tahu dong bedanya antara Belgian waffle dengan American waffle kan? Untuk post selanjutnya,  aku akan berbagi resep Belgian waffle dan American waffle. Untuk resep waffle yang sudah aku share sebelumnya bisa lihat disini. Untuk Liege waffle, nanti aku cari-cari resep yang oke dulu ya.

Semoga info ini bermanfaat!



Sumber data:
  • http://www.huffingtonpost.com/2015/02/02/belgian-waffles-history_n_6535434.html
  • https://liegewaffle.wordpress.com/liege-waffle-recipe-liege-gaufre-recette/





No comments:

Post a Comment