Friday 13 January 2017

Martabak Manis (Lagi)

Nah lagi-lagi aku gak ada niatan untuk share, tapi terlalu sayang kalau disimpan sendiri..

Sebelumnya aku pernah share Resep Martabak Manis yang aku comot dari resepnya +Kokiku Tv , hasilnya berbeda dengan martabak manis yang biasa dijual di pinggiran jalan. Teksturnya lebih seperti pukis. Enak kok, cuma karena terbiasa dengan martabak manis yang berserat macam di pinggir jalan jadinya kayak kurang puas.

Beberapa waktu lalu aku buka instagram @retnohening, disana beliau mengunggah foto martabak manis buatannya dan mencantumkan resepnya. Resep ini berbeda dengan resep yang pernah aku post sebelumnya, tidak pakai ragi untuk pengembangnya. Yap, yang biasa dijual dipinggiran jalan itu enggak pakai ragi, hanya pakai baking powder dan baking soda saja. Makanya teksturnya bisa berongga-rongga seperti itu.

Nah jadi ceritanya kemarin sore aku dan mama pengen banget makan martabak manis, tapi males banget mau keluar karena di luar sedang hujan dan angin lumayan gede. Akhirnya aku putuskan buat bikin sendiri aja, mumpung sedang mood pengen praktekin resep ibuknya Kirana. Resepnya gak ketiplek aku contoh, ada beberapa takaran yang aku ubah seperti gula dan air. Taburan gula juga aku tiadakan karena menurutku susu kental manis sudah cukup manis. Martabaknya pun aku beri perasa pandan, dikasih sedikit jagung pipil, dan diberi keju untuk isiannya, persis martabak yang dibeilkan ibunya mantanku dulu (eaaa..).

Surprisingly, teksturnya persis dengan yang dijual dipinggiran jalan, malah lebih lembut. Aku membuatnya cuma pakai teflon aja enggak pakai loyang martabak loh..

Resep Martabak Pandan Jagung Keju (Tanpa Ragi)


Bahan-bahan:
  • 8 sdm munjung tepung terigu serbaguna
  • 2 sdm gula pasir
  • 1/4 sdt baking powder
  • 1/4 sdt baking soda
  • 170 ml air hangat (suam-suam kuku)
  • 1 butir kuning telur
  • 1/2 sdt perisa pandan
  • 2 sdm jagung manis pipil
Isian:
  • Parutan keju
  • Susu kental manis
Cara Membuat:
  • Campur terigu, gula, baking powder, baking soda, dan garam dalam baskom. Masukkan sedikit demi sedikit air hangat, aduk rata. Masukkan kuning telur dan perisa pandan. Aduk rata. Masukkan jagung manis pipil aduk asal rata. Diamkan selama 30 menit.
  • Panaskan teflon dengan api sedang. Tunggu sampai teflon benar-benar panas.
  • Setelah panas, masukkan adonan martabak tadi, putar teflon agar terbentuk pinggiran tipis. Tunggu hingga permukaannya bergelembung dan sedikit agak matang. Taburi sedikit gula (kalau aku tidak pakai). Tutup teflon, masak hingga permukaan martabak matang.
  • Jika sudah matang, angkat. Olesi margarine, parutan keju, dan susu kental manis. Potong jadi dua lalu tumpuk. Olesi permukaan atas dengan margarine, potong.
  • Sajikan.

Yaaa, semudah itu. Gak perlu memakai mixer atau pun whisker, pakai sendok pun jadi loh, asal jangan sampai over mixing, asal rata aja. Perisa pandan bisa kamu ganti dengan perisa apa aja atau bisa kamu tiadakan. Jagung manis juga boleh ditiadakan juga kalau pengen kulit martabak polosan. Teflon yang aku pakai berdiameter 24 cm, ketebalan martabak yg dihasilkan kurang lebih 2,5 cm. Gak terlalu tebal, gak terlalu tipis.  Kunci keberhasilan dari resepnya ini sih sebenarnya mohon agak sedikit bersabar menunggu wajan sampai benar-benar panas. Beri sebutir-dua butir gula diatas wajan, jika gula sudah cepat lelehnya itu artinya wajan sudah siap.

Dan sekian untuk resep ini, maafkan foto gak menarik karena memang gak ada rencana resep ini dimasukkan ke blog. Kalau ada pertanyaan, bisa taruh di kolom komentar ya.

Selamat Mencoba!


No comments:

Post a Comment