Monday, 2 June 2014

Waffle Crispy Outside Fluffy Inside

Akhir-akhir ini aku lagi suka bikin waffle setelah papa beliin cetakan waffle 2 bulan lalu. Sampai saat ini udah beberapa resep aku coba, dari waffle tradisional yang pakai yeast sampai belgian waffle yang kuning dan putih telurnya dikocok terpisah. Akhirnya aku menemukan resep yang pas dan sesuai dengan yang aku pengen. Pernah kan kalian makan waffle-nya AW yang luarnya crispy tapi dalamnya fluffy? Nah tekstur waffle yang seperti itu yang aku pengen.

Pertamanya aku coba pakai resep yang menggunakan ragi untuk membantu batter-nya mengembang, menurutku masih jauh dari ekspektasiku karena terlalu fluffy dan jatuhnya kayak pukis. Yang kedua, katanya waffle yang paling terkenal itu belgian waffle, jadi aku coba lah resep belgian waffle dari allrecipe. Cara membuatnya mirip kayak bikin sponge cake, kuning telur dan putih telur di kocok terpisah. Hasilnya beneran fluffy dan garing, cuma crispy-nya gak bertahan lama dan menurutku ribet karena kan putih telurnya di kocok terpisah. Banyak baskom kotor, perlu 2 whisk, banyak yang harus dicuci, it's not simple! *bilang aja males nyuci :p

Nah akhirnya aku dapat resep dari web-nya allrecipe.com ; web dan channel Youtube kesukaanku. Resep ini gampang banget bikinnya, gak perlu capek-capek ngaduk sampai mengembang, asal cemplung dan aduk aja. Untuk resep ini udah aku modifikasi dari resep aslinya http://allrecipes.com/recipe/waffles-i/


Waffle



Bahan-bahan :

- 2 cup tepung terigu serbaguna

-2 butir telur

- 1 1/2 cup susu cair 

- 1/2 cup minyak (minyak goreng biasa, canolla, butter, atau margarine boleh, asal jangan olive oil ya)

- 1 sdm gula pasir

- 4 sdt baking powder

- 1 jumput garam

- 1/2 sdt vanila


Cara Membuat :

- Campur semua bahan, aduk sampai tidak ada gumpalan. Sisihkan.

- Panaskan cetakan waffle dengan api kecil atau kalau pakai cetakan waffle listrik, panaskan cetakan dengan power medium.

- Olesi kedua sisi cetakan dengan butter tipis-tipis. Tuang adonan ke dalam cetakan, jangan sampai penuh. Tunggu kurang lebih 3 menit, lalu balik cetakan. Kalau cetakan listrik gak perlu dibalik, tunggu aja sampai adonan kecoklatan.

- Jika kedua sisi sudah kecoklatan, angkat dan sajikan.


Gampang banget kan? Bikinnya pun gak sampai 15 menit loh, cocok banget buat sarapan atau pun bekal makan sekolah atau pun kerja. Dan paling asik, kalian bisa taruh topping sesuka kalian; bisa whipped cream, ice cream, selai, coklat cair atau bisa juga pakai saus bolognesse lalu atasnya diberi keju mozarella. Aih enak banget kan :9

Jangan lupa ya, api harus kecil karena kalau terlalu besar bakal gampang gosong dan luarnya bisa gak crispy. Semoga berhasil!




10 comments:

  1. Q cb belgian waffle ny tasteofhome GaTot. Ga nemu durasi baking ny si jdi q main insting aj bolak-balikin cetakan waffle ny. Ngocokny bahan jg manual. Ga pke mixer. Emg asliny belgian waffle bner enk y? Lbih mirip mna sm A&W?

    ReplyDelete
  2. hi, belgian waffle jatuhnya soft, gak se-crispy belgian waffle. biasanya belgian waffle lebih cocok dikasih topping yang manis-manis. mungkin putih telurnya kurang mengembang waktu di kocok atau bisa juga waktu putih telur dicampur ke adonan, nyampurnya bukan folding tapi malah dikocok rata. itu malah bikin bubble yg kamu bikin waktu kocok putih telur jadi hilang. Jadi lain kali nyampurnya pake teknik folding pake spatula ya jangan dikocok :)

    ReplyDelete
  3. Cup itu segimana ya sis kira2?

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1 cup tepung terigu bobotnya 128 gram, kalau masih bingung bisa buka link http://allrecipes.com/howto/cup-to-gram-conversions/ , good luck :)

      Delete
    2. Kalo unt susu dan minyak,,1 cup takaran nya brp ml mba?

      Delete
  4. Cara membuatnya ga d jelasin secara detail... mn dulu yg d campur ato putih dan kuning telur d pisah ga.. msh krng akurat ka.. mohon d bantu...

    ReplyDelete
  5. Alo sis. Mo tanya,semua bahan dicampur?duluan bahan yg manaya??thanks

    ReplyDelete
  6. 1cup = 128 gram, jd tepung terigu nya 256 gram
    1cup= 250ml

    Dan saya sdh coba buat, mmg hrs resourceful cari kemana-mana sendiri yah.

    Pertama, campur semua bahan yg kering (tepung terigu lbh baik sembari diayak jd mudah larut stlh dicampur yg cair, bakimg powder, gula pasir & garam) sampai merata.

    Kedua, masukkan susu cair perlahan sehingga ga menggumpal sampai susu habis

    Ketiga, masukkan telur yg sdh dikocok seadanya

    Keempat, jika bahan semua sdh tercampur rata tdk menggumpal, masukkan minyak. Tapi kalau dirasa msh menggumpal, disaring aja, sampai bahan habis, lalu campur dgn minyak.

    Kelima, bahan siap dimasak kedlm alat Waffle masing-masing.

    Semoga bs membantu...

    ReplyDelete
  7. Hallo.. Udah lama sih nyontek resep imi tapi baru sempat kasih testi.. Aku udah ciba resepnya dah hasilnya pas bgt.. Suamiku suka.. Sebelumnya juga aku pernah buat waffle belgian dan satunya lupa jatuhnya mirip roti yang dicetak waffle dan bolu..
    Thanks ya resepnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. ah senang sekali kalau berhasil, dicoba ya resep lainnya :)

      Delete