Friday 4 May 2018

Oseng Cumi Asin Bikin Nagih!

Hai hai,

Seperti di blog sebelumnya, kali ini aku mau share resep yang sebenarnya udah aku share di Instagramku. Tapi rasanya kalau gak aku tulis di blog rasanya ada yang kurang, tapi kadang juga rasanya kayak selingkuhin blog, hihi..

Jadi kapan lalu aku pengen bikin cumi asin gara-gara lihat Instagram Anita Joyo pagi-pagi posting foto oseng cumi asin, ya gimana gak bikin pengen kan? Mungkin karena ikatan batin antara anak dan ibu sangat lah kuat (cailaah), mama yang pagi itu pergi ke pasar bawa oleh-oleh cumi asin dong. Tapi sayangnya mama gak beli petai, jadi lah aku masak keesokan harinya.

Setelah besoknya sudah beli petai, tomat hijau dan kawan-kawan, kuputuskan untuk..cuci tangan. Haha, ya mengolah cumi asin lah. Resep yang aku pakai kurang lebih mirip lah dengan resep di Instagram Anita Joyo, tapi ada yang aku rubah-rubah sedikit. Yah menyesuaikan selera deh :D


Resep Oseng Cumi Asin




Bahan-bahan:

  • 100 gr cumi asin
  • 2 siung bawang putih, rajang tipis
  • 4-5 siung bawang merah, rajang tipis
  • 4 buah cabai keriting hijau, iris serong
  • 1 sdm cabai rawit hijau utuh
  • 1 potong lengkuas
  • 1 lembar daun jeruk
  • 1 lembar daun salam
  • 1 buah tomat hijau, potong menjadi 6
  • 1 papan petai, kupas
  • 1/2 sdt gula
  • 1/4 sdt garam
  • Minyak untuk menumis

Cara Membuat:
  • Rendam cumi asin dalam air panas selama 15 menit. Angkat, tiriskan, lalu rajang kasar (jika besar2 cuminya).
  • Panaskan 3 sdm minyak goreng, tumis bawang merah-putih sampai harum, masukkan cabai, tomat, lengkuas, daun salam, daun jeruk; tumis sampai cabai layu.
  • Masukkan cumi, gula, dan merica, masak kembali. Bisa beri air sedikit jika terlalu kering. Cicipi.
  • Terakhir, masukkan petai, tumis sampai layu. Matikan api.
  • Sajikan.




Selamat Mencoba, Semoga Menginspirasi!


No comments:

Post a Comment