Thursday 11 October 2012

Bukan Dinner Biasa (Roasted Chicken)

Udah lumayan lama pengen banget bisa bikin Roasted Chicken gara-gara nonton di TLC, tapi aku lupa pas acara apa. Kayaknya tuh enak, bikinnya gak ribet karena bumbunya cuma tinggal di aduk- aduk aja, kentangnya tinggal dipotong, ayamnya dilumuri bumbu, panggang deh. Dan buat rasa kayaknya menggiurkan, apa lagi makannya pake mix vegetables *drooling. Dan 3 minggu lalu, tepatnya malam minggu tanpa pacar karena emang single (gak usah ketawa!), akhirnya aku putusin untuk bikin roasted chicken. Pertama, aku beli ayam di pasar deket rumah. Kenapa pasar? Karena murah, bisa ditawar, pilihannya banyak, dan yg paling penting gak terlalu besar kayak di supermarket. Karena papa lagi tugas di Bali yang notabene-nya paling banyak ngabisin masakanku, makanya beli yang kecil aja  deh.


Kedua, italian herbs. Ini lumayan masalah karena aku tinggal di Jogja dan susah banget dapetnya. Aku sih pengennya pake rose marry aja karena wanginya cocok banget kalo buat ayam. Tapi sayang gak nemu. Sebenernya sih ada di grocery R&B, tapi karena jauh dari rumah jadi males deh. Yasudah akhirnya aku pake italian herbs seadanya, kebetulan di dapur masih ada oregano, basil, taragon sama parsley. Pancen aku sukanya ngarang, yaudah aku mix aja taragon, oregano, basil sama parsley jadi italian herbs tanpa ada takaran, hehe.

Ketiga dan mungkin terakhir, aku punya oven tradisional, bukan oven gede listrik kece yg watt-nya bisa matiin listrik rumah kalo di pake. Tau oven kotak yang dari alumunium? Nah aku pakai itu. Mama sempet ngusulin pake microwave, tapi kalo pake microwave gak bisa dibuka tutut (karena aku orangnya gak sabaran). Yasudah dengan baca bismillah aku pakai ovenku itu buat bikin roasted chicken. Oh FYI, ovenku ini udah aku pakai dari jaman aku SMP loh, jaman aku suka-sukanya baking.


Oke deh, lanjut! Aku nyontek resep dari Laura Vitale di Youtube. Kebetulan aku nontonnya cuma dua kali, jadi cuma inget prosesnya dan bahannya tanpa tau takarannya. Mau nonton lagi? Ah udah gak sabar buat nungguin batere Tab penuh, hehe. Dengan bekal ingatan seadanya, dibuatlah si Roasted Chicken ini.

Untuk sekarang mungkin aku tulis bahan-bahannya tapi tanpa takaran aja ya, tapi resep setelah ini aku pasti kasih bahan plus langkahnya. Oke sip!

Roasted Chicken

Bahan :

- 1 ekor ayam potong, bersihkan
- italian herbs (aku pake yg kering)
- unsalted butter
- bawang putih parut
- bawang putih utuh
- garam + merica
- bawang bombay
- lemon
- olive oil
- kentang

Cara :
Liat di Youtube-nya Laura Vitale aja ya, hehe :p


Kalo kemaren kami makannya pake wortel, kacang polong sama kembang kol yg ditumis bentar terus di kasih garem merica. Kata mas yudha, mama sama reza enak banget dan emang asli enak! Kulitnya tetep garing walaupun pake oven tradisional, tapi dagingnnya lembut dan gurih. Kentangnya juga ikutan gurih karena dipanggang bareng ayam. Bawang bombanya juga enak dimakan bareng ayamnya. Dan serunya, bawang putih utuhnya bisa kita makan, biasanya disebut garlic butter. Bikin nagih pokoknya!

Jadi ibu-ibu, bapak-bapak, temanku semua, dicoba yuk resepnya ;)




4 comments:

  1. Now I'm drooling! Haha. Di roast brp lama di oven? Suhunya brp?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Suhunya 220 dc dan dipanggang 45-60 menit, sebenarnya lama pemanggangan tergantung power oven sama besar kecilnya ayam. Semoga berguna :)

      Delete
  2. mba pake oven tangkring yang d atas kompor itu bukan? kalo langsung masuk oven bisa masak merata ya? terus ditaroh di bag tengah apa paling bawah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya dulu pakai oven kompor itu, hasilnya bisa mateng kok, dipanggangnya di rak tengah aja ya. Emang agak lama sih masaknya, kalau mau cek ayam sudah matang atau belum bisa disobek sedikit pahanya, kalau juice yg keluar masih merah berarti belum matang. Semoga berhasil :)

      Delete