Sunday 12 November 2017

Resep Pecel Terong

Hai,

Siapa yang suka jajan ke pecel lele? Pecel lele memang alternatif makan besar paling murah, gampang, dan aman karena rasanya dijamin enak, tapi suka was-was gak sih kalau liat minyaknya yang item? Aku sendiri juga suka was-was sih, tapi seringnya denial "sekali-kali doang, gak tiap hari juga". Pasti kalian juga begitu kan? Haha..

Akhir-akhir ini udah jarang banget nemu pecel lele yang sambelnya enak kayak jaman dulu yang katanya pake kacang mede atau kemiri. Sekarang paling seringnya kalau gak sambel bawang, sambel terasi, atau sambel tomat. Dan beberapa hari lalu aku ketemu resep sambal pecel lele yang aku maksud di Instagramnya Tastemade Indonesia. Daaan resep baru aku praktekkan kemarin siang. Seperti biasa, resep aku ubah sedikit sesuai seleraku. Oh, ya di resep aslinya mereka pakai terong ungu, tapi karena di kulkas cuma ada terong hijau jadi aku ganti. Selain itu aku juga lebih suka terong hijau karena rasanya gak langu kayak terong ungu. Lalu, penggunaan gula jawa aku skip karena tanpa gula jawa pun sudah pas sekali rasanya. Tapi balik lagi ke selera masing-masing, kalau suka agak manis boleh tambahkan gula jawa sesuai selera.


Resep Pecel Terong


Bahan-bahan:

  • 2 buah terong hijau atau ungu, potong sesuai selera
  • 6 buah cabai keriting
  • 5 buah cabai rawit (bisa dikurangi kalau kurang suka pedas)
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 2 butir kemiri
  • 1 buah tomat ukuran sedang
  • 1/2 sdt terasi
  • garam
  • Minyak untuk menggoreng

Cara Membuat:

  • Panaskan minyak, goreng terong sampai kecoklatan. Angkat, sisihkan.
  • Panaskan kembali minyak, goreng cabai keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, kemiri, tomat, dan terasi sampai matang. Angkat.
  • Taruh ke cobek, beri sedikit garam. Ulek sampai halus, jika suka agak manis bisa tambahkan sedikit gula jawa. Terakhir beri sedikit minyak sisa menggoreng tadi, aduk rata.
  • Sajikan sambal dengan terong goreng dan kemangi.



Selamat Mencoba!

No comments:

Post a Comment