Tuesday 4 April 2017

Remakes Recipe : Chizza KFC

Hai semua...

Lumayan lama ya aku gak sharing resep. Sebenarnya sih aku ada beberapa resep yang mau aku share disini, tapi karena resepnya masih buat kompetisi jadi tertunda deh. Oh ya kompetisi yang aku ikuti itu dari Indomie Uniqmie. Sejauh ini aku udah ngirim 4 resep dan kayaknya bakal nambah lagi. Hehe anaknya ambius banget sih :p

Ah anyway, kali ini aku mau share resep Chizza alias chicken pizza. Kalian pasti udah gak asing lagi dong dengan menu KFC ini. Walaupun ternyata menu baru KFC ini gak sempat mampir ke Indonesia, tapi menu ini cukup dikenal oleh netizen Indonesia. Yaaa gara-gara foodgramer Indonesia heboh posting foto Chizza kaaan, eh ternyata menu ini available di Singapore. Siapa yang sempat ngira Chizza bakal masuk ke Indonesia? (aku aku aku!!)




Chizza Thailand


Sebelum di Singapore, Chizza sempat populer di Jepang, India, Philipine, dan juga Thailand. Tiap negara pun berbeda-beda penyajiannya dan toppingnya, tapi konsepnya kurang lebih sama. Dada ayam goreng tanpa tulang, marinara sauce atau saos tomat, keju mozarella, salami atau peperoni, dan aneka topping sayuran. Karena menu ini lumayan populer di Philipine, Kfc sampai bikin versi lain loh yaitu pakai triple cheese. Yaa mirip-mirip lah sama Chizza Thailand, cuma kejunya ada 3 macam.

Chizza Singapore yang bikin orang Indonesia heboh, lol


Beberapa waktu lalu, sebulan lalu tepatnya, aku coba untuk bikin Chizza. Sebelum coba bikin, seperti biasa aku research sedikit di youtube dan beberapa food blogger, paling membantu sih iklan-iklan Chizza dari KFC sih. Seperti yang aku bilang sebelumnya, negara-negara yang pernah disinggahi Chizza punya topping berbeda-beda. Kali ini aku tiru Chizza model Philipine karena toppingnya paling menarik, komplit, dan colourfull, ehee..

Untuk resep ayamnya aku pakai resep aku sebelumnya, resep buttermilk fried chicken ala KFC. Boleh diintip-intip dulu sebelum bikin Chizza..


Resep Chizza (Chicken Pizza)


Bahan-bahan:

  • 2 buah dada ayam, belah menjadi dua jangan sampai putus
  • 1/2 resep buttermilk fried chicken
  • marinara sauce (atau bisa diganti saus tomat)
  • keju mozarella parut
  • potongan dadu parika hijau
  • potongan nanas
  • smoked beef, potong bulat dengan cookie cutter

Cara membuat:

  • Siapkan bumbu rendaman buttermilk. Masukkan dada ayam, rendang selama kurang lebih 30 menit atau sampai semalam.
  • Campur bahan pelapis. Piasahkan ayam dengan bumbu rendaman. Gulingkan ayam ke tepung pelapis, tekan-tekan. Celupkan ayam yang sudah dilapisi tepung ke dalam bumbu rendaman, lalu gulingkan kembali ke tepung. Ulangi cara ini.
  • Panaskan minyak dengan api sedang, goreng ayam sampai cokelat keemasan. Angkat, sisihkan.
  • Panaskan oven, gunakan api atas. Susun ayam di loyang, beri saus marinara, sedikit keju, smoked beef, potongan paprika, dan potongan nanas. Tabur keju mozarella diatasnya. Panggang ayam diatas rak oven paling atas sampai keju meleleh.
  • Angkat, sajikan hangat.

Sekarang udah tahu cara buatnya kan? Gak perlu jauh-jauh ke Singapore atau berharap KFC masukin menu Chizza ke Indonesia lagi, toh udah bisa bikin sendiri, Hihi..

Selamat mencoba!


No comments:

Post a Comment