Saturday, 17 June 2017

Tahu Walik, Gorengan Kekinian

Akhir-akhir ini ada gorengan yang lagi banyak dibicarain di Jogja. Bukan, bukan gorengan XXI, tapi Tahu Walik Om Ta. Sering banget gak sih akhir-akhir ini liat postingan Tahu Walik Om Ta di instagram foodgramer Jogja. Penasaran sih sebenernya, cuma katanya antrinya udah kayak antri sembako diskon, panjaaaang. Jadi udah males duluan mau kesana. Bisa sih pesen di Gojek, tapi cuma buat gorengan yg habisnya cuma beberapa ribu masa pake Gojek. Rugi dong :p

Kebetulah @bunda_didi pernah posting tahu walik di instagramnya, akhirnya aku manjat ke blognya. Awalnya pengen ngikutin resep Tahu Walik Isi Ayam-nya Diah Didi, karena menurutku kayaknya bakal agak kekentalan dan juga aku gak mau pake putih telur (anaknya sotoy, haha), ya akhirnya aku modif lagi deh.

Aku gak pake daging ayam bagian dada, aku pakai bagian paha sama kulit ayam biar lebih gurih. Lalu takaran air juga aku banyakin dan aku gak pake putih telur. Hasilnya enaaaak, kulit tahunya krenyes-krenyes dan isiannya kenyel-kenyel gurih. Hampir mirip batagor sih kalau menurutku.

Resep Tahu Walik



Bahan-bahan:

  • 10 buah tahu pong ukuran sedang (aku pakai tahu pong segitiga)
  • 100 gram daging ayam cincang
  • 75 gr tepung tapioka
  • 2 siung bawang putih, haluskan
  • 100 ml air dingin
  • 1 batang daun bawang, iris halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1/8 sdt merica
  • 1/4 sdt gula pasir
  • Minyak untuk menggoreng


Cara Membuat:

  • Potong tahu menjadi 2, lalu lipat kedalam.
  • Campur semua bahan kecuali tahu, aduk rata. Isikan adonan ke tahu, ulangi sampai adonan habis.
  • Panaskan minyak, goreng sampai berwana keemasa. Angkat, sajikan dengan saos sambal atau cabe rawit.

Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment