Monday, 13 November 2017

Resep Sate Ayam Bumbu Merah

Holla,

Beberapa minggu belakangan ini lagi sering banget ke Jogja Paradise karena warungku mulai pindah (lagi) ke sana daaaan gara-gara sering banget kesana aku, masku, dan mama jadi suka jajan disana. Yang jadi favorite kami akhir-akhir ini adalah sate ayam Ratu, sate ayam yang dikasih bumbu merah. Rasanya gurih, sedikit pedas, dan sedikit manis; pokoknya kami ketagihan deh.

Nah beberapa waktu lalu kami mulai jarang kesana karena renovasi sudah hampir selesai, tiba-tiba masku pengen sate Ratu tapi kalau pakai Gojek mahal diongkir; maklum rumah jauh di ujung Jogja. Ya aku inisiatif aja coba buat sendiri, mumpung di kulkas ada bahannya.

Kali ini aku sama sekali gak pakai research resep, pure pakai ilmu kira-kira. Sekali coba Alhamdulillah enak dan rasanya bisa mirip sama sate Ratu kesukaan kami. Oh ya, kali ini niat banget masaknya soalnya aku bakarnya pakai arang. Terniat memang. Tapi kalau malas nyalain arang bisa kok pakai panggangan atau pakai teflon pun oke juga.

Resep Sate Ayam Bumbu Merah 





Bahan-bahan:
  • 500 gr daging dan kulit ayam, potong dadu kecil
  • 5 buah cabai merah keriting
  • 3 buah cabai rawit
  • 2 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah
  • 1 sdt biji ketumbar
  • 1 sdt cincangan jahe
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 5 sdm kecap manis
  • 4 sdm minyak

Cara Membuat:
  • Haluskan cabai merah keriting, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, ketumbar, jahe, dan daun jeruk sampai halus. Beri garam, merica, kecap manis, dan minyak; aduk rata.
  • Campurkan bumbu dengan potongan ayam, diamkan selama 30 menit. Tusuk daging dan kulit secara berselang-seling dengan tusuk sate. Lalu bakar sate sampai matang.
  • Angkat, sajikan sate dengan lontong atau pun nasi.


Selamat Mencoba!

No comments:

Post a Comment