Thursday 10 October 2013

Dorayaki!

Aku termasuk anak 90'an yang menanti hari minggu cuma buat nonton kartun di tv. Ingat gak dari subuh udah nongkrongin indosiar buat nonton wayang, dilanjut world disney, lalu ksatria baja hitam atau power ranger, lalu dragon ball, conan, lalu pindah ke rcti untuk nonton doraemon dan sinchan atau chibi maruko chan? Anak 90'an pasti pernah mengalami :D
Kartun yang gak boleh ketinggalan dan kesukaan banget buat aku yaitu Doraemon dan Conan. Oh masih inget kan sama Doraemon? Robot kucing dari masa depan yang datang ke masa lalu yang takut tikus dan tinggal di rumah Nobita, pasti tau dong. Doraemon ini termasuk kartun yang aku tunggu-tunggu, sampai sekarang. Hehe iya, sampai umur 22 Doraemon masih jadi list tontonanku tiap hari minggu. Menurut aku, kartun ini gak akan pernah bisa dilupakan karena banyak cerita-cerita yang imajinatif dan banyak kejutan di setiap episodenya.
Oh masih ingat sama makanan kesukaan doraemon? Yap, Dorayaki! Makanan khas Jepang ini sempat bikin aku jadi terobsesi buat nyicip. Tapi sayangnya waktu itu di Jogja atau malah di Jakarta masih susah banget nemu yang jual dorayaki. Sempat sih di Jogja ada yang jual, tapi gak bertahan lama. Akhirnya setelah sekian lama, baru beberapa hari lalu aku coba bikin dorayaki sendiri. Dasarnya sih kayak pancake di tangkup yang tengahnya ada isi anko atau pasta kacang merah. Tapi berbeda dengan pancake, dorayaki lebih manis, empuk dan agak lengket karena gula dan madu sebagai bahan adonannya. Oke, gak usah banyak basa basi, ini dia resep Dorayaki yang aku contek dari wikihow.com 


Resep Dorayaki

Bahan :
- 2 butir telur
- 80 g gula
- 1 sdm madu
- 1/2 sdt baking soda
- 50 ml susu atau air
- 130 g cake flour atau 130 g tepung terigu + 1/2 sdt baking powder
- butter atau margarine

Cara : 
Campur semua bahan kecuali butter di mangkok besar, aduk rata. Diamkan adonan selama 30 menit, jangan lupa mangkok ditutup lap basah supaya adonan tidak kering.
Setelah 30 menit, panaskan wajan untuk pancake dengan api kecil. Olesi butter tipis diatas loyang dengan kuas, ingat tipis-tipis aja ya. Kalau sudah panas, taruh 2 sendok makan adonan ke wajan. Kalau gelembung-gelembung sudah kelihatan dan sisi bawah kecoklatan, balik adonan dan panggang sampai kecoklatan. Ulangi sampai adonan habis.

Untuk anko atau isiannya, aku gak ada takarannya. Aku pake 250 g kacang merah, aku rebus sampai empuk dan pecah, baru aku masukin gula kira-kira 5 sendik makan. Aduk-aduk sampai gula larut, tambahkan vanili cair. Lalu dinginkan. Kalau sudah haluskan sampai halus dengan blender atau dengan food processor.
Finishing touch, ambil satu pancake, isi dengan 1 sendok makan anko, tangkup dengan pancake lain, lalu tekan-tekan pinggirnya supaya menyatu. Sudah deh, selesai :D 
Kalau masih bingung cara bikinnya, coba search di youtube. Aku liat cara bikinnya dari http://m.youtube.com/watch?v=HqXfW5B3Qq4 . Lumayan jelas steps bikin dorayakinya. Semoga sukses, Ganbate! 

No comments:

Post a Comment