Monday 28 October 2013

Left-Over Puding Roti Gandum dan Milo Dinosaurus

Ada yang sering kesel liat roti tawar sisa dan waktu mau dimakan udah gak lembut lagi? Nah, sekarang aku ada resep nih biar gak mubazir si rotinya. Syarat yg paling penting, roti tawar jangan berjamur karena itu udah gak layak banget buat dikonsumsi. Makanya perhatianlah sama makanan; kan sayang masih banyak, jamuran, eh dibuang lagi.

Roti tawar yang sisa bisa kamu jadiin bread crumb atau garlic bread, bisa juga kamu jadiin pusing roti. Ahay, sedap nian rancak bana endang bambang makjegagik!

Kebetulan kemarin di rumah ada roti gandum yang sisa gara-gara beberapa hari itu aku gak bisa ngunyah makanan karena wisdom teeth aku infeksi. Hiks hiks, baru kesentuh deh roti gandumnya setelah sudah agak kering dan gak lembut lagi. Yasudah dibikinlah puding roti ala aku, memasak tanpa resep, cuma mengandalkan imajinasi aja :p

Dan ini lah kira-kira resepnya, bisa dikurangi atau ditambah ukurannya seauai selera :)


Left-Over Puding Roti Gandum


Bahan :

- 5 lembar roti tawar, boleh polos, pandan ataupun gandum
- 3 butir telur
- 100 ml susu
- 3 sdm tepung maizena
- 4 sdm gula bubuk
- 1/2 sdt vanila esens
- margarine


Taburan :

- Kacang-kacangan secukupnya; aku pakai almond dan biji bunga matahari
- Kismis
- Cokelat serut
- kayu manis bubuk untuk taburan

Caranya :

- Potong roti tawar menjadi 4 segitiga, atau bisa juga dipotong kotak kecil-kecil. Tata di pinggan anti panas, loyang atau alumunium foil yang sebelumnya sudah diolesi margarine.

- Campur gula, maizena, telur, susu, dan vanila esens. Tuang adonan ke loyang. Taburi taburan diatasnya. Diamkan sekitar 15 menit sampai adonan diserap roti tawar.

- Panggang puding selama 30 menit dengan suhu 180 derajat atau panggang sampai kacang agak coklat.

- Puding Roti siap dimakan anget-anget atau dingin, tapi enakan dingin setelah semalem ditaruh di kulkas.



Selain puding roti, aku juga bikin milo dinosaurus. Gampang banget bikinnya, tinggal bikin milo biasa ditambah susu kental manis dan es batu, lalu shake. Tuang ke gelas dan taburi bubuk milo diatasnya. Jadi deh milo dinosaurus! Simple, enak, bikin nagih deh, haha

Semoga suka dan dipraktekin ya resepnya, gak boleh protes susah..it's easy guys! :D

No comments:

Post a Comment