Friday 18 October 2013

Sop Kambing Kacang Merah

Sebelumnya, Selamat Idul Adha bagi umat muslim semua! Semoga amalan kita selama ini diterima Allah SWT dan semoga ibadah kita kedepannya jadi makin lebih baik lagi, Aaamiiiin Ya Rabb!


Tahun ini alhamdulillah masih bisa ikutan qurban dan bisa ikutan sholat Id, yay! Dan sholatnya di lapangan Trirenggo Bantul, tempat aku main waktu kecil, yay! Dulu aku emang mainnya suka di lapangan sama sawah, bisa dibilang Ata si anak Desa, haha :))
Oh anyway, I can not share more photo, I'm too busy to take pictures even thought it has a lot of great moment in this event. Banyak banget yang bisa difoto sebenarnya, terutama makanan! Tapi sayangnya aku terlalu sibuk sama motongin daging, ngurusin buntut, kepala sapi, kaki sapi, dan gak ada yang bisa dimintain tolon untuk fotoin karena ya tangannya gak ada yang bersih. Huhu too bad :"(


Foto diatas ini bukti aku ngulitin dan motongin buntut sapi untuk pertama kalinya dan itu sendirian! Ini gara-gara papa tiba-tiba beliin buntut sapi buat dimasak. Lumayan pegel loh, gak semudah yang dibayangkan selama ini. Aku kira ngulitin buntut sapi itu tinggal sayat dikit, langsung tarik kulitnya lalu jadi. Ternyata kulitnya harus disayat sedikit demi sedikit, jangan sampai dagingnya ikut ke kulitnya. Motong pun lumayan pegel karena harus pake golok, Peer banget!
Selain buntut, kami juga ngurusin kepala sapi! Dan itu susahnya ampun deh, apalagi ambil otaknya tanpa ngerusak. Hikmah yang bisa diambil, jangan pernah sia-siain daging. Selain mahal, hargailah butcher karena motong dan ngulitin itu susah; gak segampang yang dibayangkan.
Di postingan ini, aku mau share resep Sop Kambing Kacang Merah. Yang masih punya sisa daging dan bingung mau diapain lagi, mungkin resep ini bisa dicoba :D

Sop Kambing Kacang Merah



Bahan :
- 1 kg daging kambing + tulang
- 250 g kacang merah
- 1 batang wortel ukuran sedang, potong besar-besar
- 1 batang seledri
- 1 buah tomat, potong menjadi 8
- 3 butir cengkeh
- 1 ruas jahe, geprek
- 1/4 sdt pala bubuk
- 1 stik kayu manis
- garam secukupnya
- 1,5 lt air
- margarine untuk menumis

Bumbu yang Dihaluskan :
- 3 siung bawang putih
- 4 siung bawang merah
- 1/2 sdt merica hitam

Pelengkap :
- Emping
- Daun bawang
- Bawang goreng
- Jeruk nipis
- Sambal godog (8 cabe rawit dan 1 siung bawang putih direbus sampai halus lalu diulek, tambah 3 sendok makan air rebusannya biar agak berair)

Cara : 
- Rebus daging, jahe, cengkeh, dan pala sampai daging empuk. Kalau mau cepet, bisa pake presto
- Tumis bumbu bumbu halus sampai harum, masukkan ke rebusan kaldu. Masukkan juga kacang merah, rebus sampai kacang empuk, bukan pecah ya. Nanti kalaupecah, kaldunya jadi gak bening, nanti jadi gak cantik deh kayak yang masak, hihi
- Kalau sudah empuk masukkan wortel dan seledri, rebus sampai wortel matang, masukkan garam, cicipi. Matikan api, lalu masukkan tomat.
- Jadi deh Sop Kambing Kacang Merahnya! Jangan lupa kasih pelengkapnya biar mantab dan bikin orang rumah merem melek keenakan :D



Semoga berhasil yang mau praktekin resepnya, jangan lupa bagi-bagi :D


Oh lupa, makan emping pake tape ketan itu enak banget loh! Silahkan coba dan rasakan sensasinya! Hati-hati ketagihan ;)

No comments:

Post a Comment