Tuesday 26 November 2013

Martabak Manis Syurgak!

Minggu lalu, oh hari minggu lalu aku ke jakarta nengok nenekku yang habis operasi tumor payudara. Hiks sedih banget berat badannya turun drastis, padahal sebelum sakit emang udah kurus. Semoga cepet sembuh, semoga berat badannya naik, nafsu makannya meningkat. Sedih banget kalau inget waktu gantiin korsetnya, badannya kayak tinggal kulit sama tulang aja :"(

Mumpung kemarin lagi disana, aku sengaja bawain nenekku makanan kesukaannya; yah walaupun makannya segigit-segigit. Dan hari minggunya aku beliin martabak manis buat orang rumah, dan buat nenek aku juga. Pilihan langsung jatuh ke Martabak Bandung 64A Pecenongan, martabak yg terkenal isinya yang syurgak itu! Bayangin, martabak manis isinya cokelat toblerone atau nutella terus butternya pake wisman; gimana gak syurgak! Gak heran sih antri berjam-jam, aku aja antri sampe 1,5 jam. Crazy!

Alhamdulillah nenek suka banget dan habis sepotong langsung, padahal sepotong itu buat seharian penuh. Sekali lagi, alhamdulillah! Oh iya, sayangnya aku gak sempet foto martabaknya karena udah lupa mau foto dulu saking enaknya. Gagal deh jadi ABG kekinian (sadar umur ta sadar umur :p)

Sampai di Jogja aku malah pengen bikin martabak manis kayak di pecenongan tapi rasanya udah aku sesuaiin sama lidahku karena buat aku martabak di pecenongan terlalu manis. Aku cari-cari di youtube, akhirnya resep aku ambil dari channel kokiku tv. Bisa di search di google, resep-resepnya gampang-gampang dan ada chef Yuda Bustara nya yang jadi host-nya; ahey! :p

Dari resep yang ada, aku pake 1/4 resep karena aku cuma mau bikin 1 pan aja. Misal kalian bikin satu resep dan masih ada sisa bisa kok disimpen di toples tertutup lalu di taruh di kulkas. Kalau mau dipake lagi tinggal didiamkan di suhu ruang sampai adonan jadi suhu ruang, terus aduk, diamkan 15 menit, siap dimasak deh.

Oke ini resepnya, aku ambil resepnya dari dari http://kokikutv.fimela.com/read/156/resep-martabak-manis :)



Martabak Manis



Bahan :

- 500 gr Tepung terigu

- 650 ml Air hangat

- 2 Telur

- 120 gr Gula

- 1 sdt Ragi

- 1 sdt Baking powder

- 1 sdt Baking soda

- 1/2 sdt Garam

- 20 gr Mentega cair

- 20 gr Susu bubuk



Caranya :

- Campur semua bahan, aduk hingga rata. Diamkan adonan kurang lebih 1 jam dan baskom ditutup dengan kain basah biar adonan gak kering atasnya. Taruh di tempat yang hangat atau di suhu ruang.

- Panaskan wajan martabak atau bisa juga pake teflon, pake api kecil aja; inget ya harus sekecil mungkin biar nanti matengnya rata dan bagian bawah martabak gak gosong.

- Kalau sudah panas, masukkan adonan martabak ke wajan. dengan bantuan sendok sayur, tekan adonan ke sisi pinggir wajan biar bisa dapet pinggiran martabak yang kering. Kalau permukaannya udah bubbly-bubbly gitu, taburin gula diatasnya, lalu tutup. Diamkan sampai pinggirannya kecoklatan, angkat.

- Waktu panas-panas olesi dengan butter atau margarine, taburi atau olesi topping kesukaan kalian. Potong martabak jadi dua, tangkupkan, potong sesuai selera. Jadi deh!


Untuk tipsnya, untuk air hangatnya pakai yang hangat suam-suam kuku ya, jangan terlalu panas nanti raginya mati dan adonan gak mau mengembang. Kalau gak terlalu suka manis, penaburan gula bisa skip aja karena kalau menurutku udah cukup manis kok. Untuk isiannya sih bebas, bisa selai buah, cokelat, kacang, keju, cokelat toblerone, buah pun juga bisa. Sekreatif kalian ngasih isian apa. dan kalau kalian pengen martabak kalian gurih dan wangi, pake butter yang kualitasnya bagus. Dijamin rasanya bikin melayang-layang ke angkasa, syurgak! Tapi kalau gak ada pun bisa pake margarine merk blueband, menurutku udah enak banget kok pake itu.

Itu aja deh, semoga kalian praktekin ya resepnya, serius deh gampang :)

No comments:

Post a Comment