Wednesday 20 November 2013

Sambal Balado Udang

Seneng banget tadi waktu di Superindo dapet udang galah gede-gede dan masih segar. Tanpa basa-basi langsung lah aku ambil 10 biji udang dan ternyata mahal ya, gak nyampe 300 gram harganya 41.000! Haha gak apa-apa deh, toh gede-gede dan masih segar.

Sempet bingung juga pengen masak apa. Akhirnya kepikiran bikin sambal balado udang pake petai, sayangnya gak ada petai di sana. Padahal kalau ada petai pasti tambah enak, sluuuurp!

Lagi-lagi aku gak pakai imaaaajinasi buat masak. Karena aku lagi pengen yang rasanya asin pedes, aku jadi bayangin rasa masakan sumatera. Harusnya aku pake daun jeruk, cuma kelupaan. Ada hikmahnya sih kelupaan, karena daun serehnya udah cukup kuat jadi kalau pake daun jeruk nanti wangi bawang merah sama cabenya agak kalah. So, here it is..the recipe from my imagination :D


Sambal Balado Udang


Bahan-bahan :

- 300 gram udang, kerat punggungnya dan buang kotorannya

- 2 lembar daun salam

- 1 batang sereh, memarkan

- 1 sdm air asam jawa

-1 sdt garam

- 1/2 sdt merica

- 1/2 sdt gula

- Minyak untuk menumis


Bumbu yang dihaluskan :

- 6 buah cabai teropong

- 3 siung bawang merah

- 2 siung bawang putih

Caranya :

- Goreng udang sampai berubah warna merah, sisihkan.

- Tumis bumbu halus sampai harum, masukkan semua bahan lainnya kecuali udang. Tumis hingga berminyak, cicipi. Kalau kurang asin, bisa tambahkan garam.

- Masukkan udah, aduk rata. Sajikan.


Gampang kan bikinnya? Paling enak makannya pake nasi yang masih panas, yum yum! Oh dibalik cerita masak ini, aku coba ngulek sendiri bumbu halusnya. Waktu ngulek bawang oke lah masih kuat, waktu giliran cabe duh gak kuat lah. Padahal udah aku kasih garam loh, tapi gak alus juga. Nyerah lah, akhirnya pake blender juga :p


Oh iya, tadi waktu foto-foto kebetulan cahayanya lagi bagus dan foto diatas jadi foto favorite aku hari ini. Sering-sering aja cahayanya begini, hhi :p

Jangan lupa ya resepnya dicoba, kalau bisa posting ke IG terus mention aku @atapermana; biar aku tahu resepku ini enak atau enggak menurut kalian. Semoga sih suka :D

No comments:

Post a Comment