Sunday, 2 February 2014

Apple Pie and Caramel Apple Sauce

Minggu lalu aku diundang temen aku, Esti, buat main ke rumah barunya. Yang datang sih cuma Micins aja, tapi kalau aku gak bawa sesuatu nanti perut mereka pada protes, haha. Oh anyway, Micins itu nama perteman kami, next time I'll introduce 'em to you :D

Oke back to what I wanted to bring, adi tadinya mau bikin lasagna tapi kalau dibikin sehari sebelumnya nanti kurang enak, lagi pula kalau gak anget kan kurang enak. Aku coba ubek-ubek kulkas dan aku nemuin apel malang dan langsung kepikiran bikinin apple pie aja. Oh untungnya di kulkas masih ada butter,  aku lupa beli butter buat stok di kulkas. Dan entah kenapa semua jadi serba pas, mungkin bejonya anak-anak :p

Oh iya paling enak Apple Pie itu dimakan pake ice cream vanilla dan sauce caramel, itu nikmatnyaaaaa tiada tara! Apple Pie yang aku bikin ini beda dengan American Apple Pie (bukan film ya) yang atasnya ditutup sama pie crust, yang aku bikin ini cederung ke French Apple Tart yang apelnya disusun sedemikian rupa jadi cantik. Bedanya dengan American Apple Pie selain ditutup pie crust yaitu French Apple Tart pakai apple compote tapi American Apple Pie gak pakai. Jadi compote itu bikin campuran potongan buah dan beberapa rempah lalu dimasak dengan api kecil sampai lebut dan juice di buah itu keluar. Yah gak jauh beda sama bikin jam atau selai lah.

Gampang kok bikinnya, aku pakai resep aku sendiri jadi jelas ini gambang banget dibikin. Dan ini Resepnya...


Apple Pie and Caramel Apple Pie



Bahan-Bahan Apple Compote :

- 2 Apel Malang atau Granny Smith's ukuran besar, kupas dan potong dadu

- 1 sdt air lemon 

- 2 sdm brown sugar atau gull putih bias

- 1 sdt bubuk kayu manis

- 2 butir cengkih

- sejumput garam


Cara Membuat :

- Campur semua bahan, aduk rata dan diamkan sampai juice apelnya keluar.

- Panaskan panci dengan api kecil, masukkan semua bahan, aduk sesekali. Diamkan sampai apel matang dan soft. Cicipi dulu, kalau kurang manis bisa tambahkan gula, atau kalau kurang wangi bisa ditambahkan bubuk kayu manis.

- Matikan api, diamkan sampai dingin. Sisihkan.


Bahan-bahan untuk Pie Crust  :

- 150 gram tepun terigu serba guna

- 1 sdm gula

- 1 kuning telur

- 120 gram butter dingin, potong dadu

- 2 sdm susu dingin atau air dingin


Cara Membuat Pie Crust :

- Masukkan tepung terigu, gula dan butter ke food processor, pulse sampai jadi butir-butir pasir (bukan butiran debu, lol). Masukkan bahan lainnya, pulse sampai tercampur rata.

- Bulatkan adonan lalu bungkus di plastik cling atau toples, taruh di kulkas selama 30 menit.

- Kalau gak punya food processor, bisa pakai garpu atau tangan. Tapi ingat, bukan diuleni ya tapi kaya di cubitin adonannya kalau pakai tangan.

- Kalau sudah siap adonannya, tipiskan adonan dengan rolling pin. Jangan lupa meja atau talenannya dan adonannya ditaburin tepung biar adonan gak lengket. Tipiskan kira-kira tebalnya 1/2 cm dan lebarnya lebih besar dari loyangnya. Aku pakai loyang bundar  ukuran 22 cm.

- Angkat adonan dengan cara gulung pie crust di rolling pin, lalu hati-hati taruh diatas loyang. Tekan-tekan ke dalam, rapikan.

- Kalau gak jelas cara bentuk pie crust-nya bisa liat disini.

- Masukkan ke freezer sambil siapkan bahan-bahan lainnya.


Bahan-bahan untuk Caramel Apple Sauce:

- 3 sdm gula pasir

- 1/2 sdt bubuk kayu manis

- 1 butir cengkih

- 1/2 cup juice apel

- larutan air dan maizena untuk mengentalkan


Cara Membuat :

- Panaskan gula sampai cair dan berwarna keemasan. Masukkan juice apel pelan, aduk sampai gula larut.

- Masukkan cengkih dan bubuk kayu manis, aduk rata dan dimkan sampai mendidih.

- Kentalkan dengan larutan maizena, aduk rata. Sisihkan.


Finishing :

- Potong 2 apel ukuran sedang menjadi 2, buang bijinya, iris tipis-tipis, beri perasan lemon. sisihkan.

- Masukkan apple compote ke dalam pie crust, ratakan. Tata potongan apel diatasnya, taburi kayu manis bubuk dan gula secukupnya. Panggang Apple Pie dengan suhu 180 DC selama 30 menit atau sampai crust keemasan. angkat, dinginkan.

- Apple Pie siap disajikan dengan vanilla ice cream dan Caramel Apple Sauce. Yummy!



Caramel Apple Sauce bisa di simpan di kulkas bisa sampai 1 bulan, kalau sisa bisa di maka dengan roti atau ice cream. Sebenarnya sih kalau untuk rasa bisa disesuaikan dengan lidah masing-masing, kalau aku manisnya cenderung manis yang aman; gak terlalu manis kayak kue-kue di bakery shop. Buat apelnya sih kalau bisa cari yang teksturnya masih crunchy dan rasanya ada asem-asemnya, seperti apel malang, granny smith's, atau kalau lagi kaya bisa pilih royal apple. Tapi trust me, local product is the best! 

Alhamdulillah teman-teman aku suka, dan satu pan langsung habis! Senangnyaaaa :')


No comments:

Post a Comment