Wednesday 24 February 2016

My Glorious Sambal Pete

Hai hai, kali ini aku gak membahas "perpuddingan" lagi nih kayak post sebelum-sebelumnya, kali ini aku akan membahas makanan yang aku suka akhir-akhir ini. Daaan, gak semua orang suka makanan ini karena aromanya yang kuat. Yap, Pete!

Pete atau petai atau bahasa kerennya Bitter Bean ini pasti gak asing lah untuk kalian. Makanan ini sering sekali hadir di berbagai masakan Indonesia, di rumah makan masakan Sunda, warung Padang, nasi uduk, pecel lele, dan masih banyak lagi. Gak cuma sebagai bumbu saja, pete juga nikmat disantap sebagai lalapan atau di goreng. Nah, aku paling suka pete goreng nih, sampai-sampai aku bisa habis 2 papan pete, sambal bawang, dan lalapan tanpa nasi di warung pecel lele dekat rumah. Mas penjualnya sampai geleng-geleng lihat aku lahap sekali makan petenya. Karena mama tahu aku habis makan pete, aku sampai gak boleh pakai kamar mandi dalam selama dua hari. Haha...

Memang gak semua orang suka pete karena baunya luar biasa kuat. Padahal dibalik baunya yang kuat, terdapat kenikmatan yang tiada tara (tsaah!). Namun ternyata pete juga memiliki banyak manfaat loh, salah satunya meningkatkan kekuatan otak. Keren ya.

Setelah aku coba cari di internet, selain masakan Indonesia ternyata pete juga digunakan untuk masakan Malaysia, Singapore, Thailand Selatan, India, Burma, dan Laos. Wow, ternyata pete sudah merambah ke negara-negara lain selain Indonesia. Aku pikir cuma orang Indonesia dan Malaysia aja yang doyan pete.

Nah, untuk kali ini aku akan berbagi resep Sambal Pete yang nikmat dan pastinya mudah untuk dibuat.

Resep Sambal Pete


Bahan-bahan:
  • 6 papan petai, kuliti
  • 50 gr cabai keriting (aku timbang karena cabai yang aku pakai kecil-kecil)
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 buah tomat
  • 2 lembar daun jeruk
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt gula jawa
  • 1/4 sdt merica bubuk
  • minyak untuk menumis

Cara Membuat:
  • Haluskan cabai, bawang merah, bawang putih, dan tomat. Kalau menggunakan blender, beri tambahan 3 sendok makan minyak.
  • Panaskan 4 sendok makan petai, tumis sampai sedikit layu. Lalu masukkan sambal dan daun jeruk, aduk sampai harum.
  • Masukkan garam, merica, dan gula jawa. Aduk rata, jangan lupa cicipi.
  • Sajikan


Mudah kan? Untuk variasinya, bisa ditambahkan ebi, udang, kentang, atau pun ayam. Paling sedap sambal pete ini disantap dengan nasi hangat dan kerupuk, yummm!

Selamat mencoba, jangan lupa kumur dan gosok gigi ya setelah makan sambal petai. Gak mau dong dimusuhin cuma karena bau petai?! :p


No comments:

Post a Comment