Wednesday, 17 February 2016

Silky Pudding Part. 3

Nah mari kita lanjut ke resep Silky Pudding yang ketiga! Yang belum baca resep silky pudding yang pertama dan kedua, yuks klik disini untuk resep pertama dan klik disini untuk resep kedua.

Untuk resep Silky Pudding coba-coba terakhir ini aku berniat memakai resep dari NCC, tetapi ternyata di forum NCC gak ada resep Silky Pudding ala Puyo (jeng jeeeng!). Akhirnya untuk resep kali ini aku contek dari Jawara Masak, karena aku pikir bagus juga untuk perbandingan dengan resep-resep sebelumnya. Resep ini sudah aku ubah ukurannya ke ml ya supaya kalian lebih mudah mengikuti resepnya. 

Resep Chocolate Silky Pudding



Bahan-bahan:

  • 1 bungkus bubuk jelly instan
  • 1 kaleng susu kental manis
  • 1 sendok makan tepung maizena, dilarutkan dengan 50 ml air
  • 1200 ml air
  • 1 sdt coklat bubuk
Cara Membuat :
  • Campur bubuk jelly instan, coklat bubuk, air, dan susu cair, aduk rata. Lalu masak di ata api sedang sambil diaduk-aduk sampai mendidih.
  • Kecilkan api, masukkan larutan maizena. Aduk hingga mengental.
  • Tuang ke dalam gelas, dinginkan. Masukkan ke dalam kulkas kurang lebih 30 menit.
  • Sajikan.


Hasilnya lumayan lembut, tetapi masih terasa kenyal seperti jelly. Kalau menurutku, cairannya kurang banyak jadi masih berasa kenyal. Nah, karena masih penasaran dengan resep ini, aku kembali mencoba lagi, tetapi hanya setengah resep saja.



Untuk cairannya aku tambah lagi sebanyak 150 ml, kalau pakai satu resep berarti ditambah 300 ml air. Aku skip maizenanya karena kayaknya gak terlalu berpengaruh dengan hasilnya. Cara memasaknya sama persis dan aku menggunakam perasa strawberry kurang lebih 1/4 sendok teh.



Hasilnya lebih lembut dibandingkan pudding sebelumnya dan teksturnya menyamai silky pudding yang ada di pasaran. Untuk rasa manisnya sih kurang manis karena aku lupa gak menambahkan gula, hehe.

Selain murah dan bahan-bahan dapat ditemukan ditemukan dimana saja bahkan di warung, resep ini cenderung lebih cepat set dibandingkan resep-resep sebelumnya. Tanpa dimasukkan ke dalam kulkas saja bisa cepat sekali set-nya. Namun sayangnya, kelembutan pudding ini kurang bisa bertahan lama. Setelah 2 hari di kulkas, pudding menjadi berair dan mulai kenyal seperti jelly. Bukan berarti basi ya, cuma tau kan tipikal pudding atau jelly yang sudah beberapa hari di kulkas. Hmmm...

Jadi dari ketiga resep silky pudding yang aku buat, yang menurutku paling oke adalah Resep Silky Pudding Part. 1 dari chef Savira! Yay yay yaaay! :D

Sekian untuk post kali ini, sampai bertemu di resep-resep selanjutnya!

Have a nice day!

2 comments:

  1. Kak tanya dong, berarti kalau bikin stgah resep, smua jumlah bahan di bagi 2 kecuali bubuk jelly nya ya? Trus airnya jdi 750ml? Mohon dijawab ya kak😊 makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. hai saras, iya airnya jadi 750 ml, bubuk jellynya juga dibagi 2 dong kalau setengah resep. selamat mencoba :)

      Delete