Wednesday 18 October 2017

Kue Cucur Gula Merah Berserat

Hai!

Kali ini aku mau share resep kue cucur nih. Sebelumnya, kalau menurut kalian kue cucur ini berasal dari mana? Ada yang bilang dari Jawa Tengah, ada yang bilang dari Jawa Timur, ada juga yang bilang kue tradisional ini merupakan kue tradisional dari Betawi. Well, aku sih lebih meyakini kue cucur berasal dari Betawi soalnya gara-gara beberapa film jadul yang latarnya Betawi selalu menyebut cucur sebagai makanan Betawi. Terutama film Si Doel, sering banget alm. Benyamin Sue atau Mandra ngomongin kue Cucur. Haha, ketahuan seleranya jadul :p

Tapi jangan sedih, kue semacam cucur ini juga ada loh di beberapa negara tetangga kita, seperti Malaysia, Thailand bagian Selatan, dan juga Vietnam. Di Malaysia menyebutnya dengan nama Kuih Cucur, kalau di Thailand menyebutnya Khanom Fak Bua atau Khanom Chuchun. Vietnam? Hmm, kurang tahu juga namanya soalnya gak disebutkan di Wikipedia, hihi..

Kue cucur adalah salah satu jajanan tradisional yang udah lamaaaa banget pengen dibikin, tapi baru kesampaian baru-baru ini. Kenapa baru sekarang nyobain bikin? Soalnya aku males neplokin adonannya. Oh FYI, cara tradisionalnya kue cucur dibuat dengan cara neplok-neplok adonan dengan tangan selama kurang lebih yaa 15 menit lah kalau menurut buku resep yang pernah aku baca. Kebayang kan capeknya?

But thank's for technology, especially for mixer inventor! Gak perlu capek-capek neplokin, adonan tinggal pakai mixer aja deh. Kalau gak punya mixer, bisa juga pakai balloon whisker kok. Tapi ya hampir sama aja kayak neplokin adonan pake tangan :p

Oh ya aku pakai resepnya dari Instagramnya @/doyanbakingtips , ketiplek deh resepnya. Sejauh ini udah dua kali pakai resep ini dan gak pernah gagal, mau pakai gula jawa atau pun gula aren. Teksturnya pas, sedikit alot tapi masih lembut, pinggirnya agak garing, manisnya juga pas, dan yang terpenting hasilnya berserat cantik. Dan sedikit tips nih, pakai wajan besi atau wajan yang tebal supaya panasnya merata. Lalu, supaya gak terlalu berminyak, tiriskan kue cucur diatas tissue makan yang bawanya dialasi koran, jadi minyak bisa benar-benar terserap.

Resep Kue Cucur Gula Merah



Bahan-bahan:

  • 125 gr tepung beras
  • 30 gr tepung terigu
  • 225 ml air
  • 120 gr gula merah atau gula aren
  • 2 lembar daun pandan, potong-potong
  • 1/2 sdt garam (aku pakai 1/4 sdt aja karena gulanya sudah agak gurih)
  • Minyak untuk menggoreng


Cara Membuat:

  • Rebus air, gula merah, daun pandan, dan garam sampai mendidih dan gula larut. Matikan api, jika sudah hangat sarin. Sisihkan.
  • Masukkan tepung beras, tepung terigu, dan sirup gula ke bowl mixer. Aduk rata.
  • Mixer adonan dengan kecepatan medium selama 5 menit atau menggunakan balloon whisker selama 10 menit. Lalu diamkan adonan selama satu jam.
  • Panaskan wajan dengan api sedang cenderung kecil, beri 2 sendok minyak. Jika sudah panas, masukkan adonan 1 sendok sayur. Biarkan berserat sambil siram-sirami minyak bagian tengah adonanannya, lalu balik. Goreng sebentar, lalu angkat. Ulangi hingga adonan habis.
  • Sajikan.

Selamat Mencoba!

No comments:

Post a Comment