Monday 30 October 2017

Resep Ikan Maskrim dari Maluku

Holla,

Selama ini aku jarang banget eksplorasi masakan dari daerah Indonesia Timur karena memang gak familiar buat aku sih. Padahal ternyata masakan Indonesia Timur gak kalah menariknya dengan masakan Jawa atau pun Sumatera.

Hari Minggu kemarin tiba-tiba pengen masak ikan kembung dan memang aku udah lamaaa banget gak makan ikan laut. Ke pasar lah aku. Ternyata ikan kembung yang aku cari gak ada, kata penjualnya beberapa hari ini memang gak jual ikan kembung karena memang lagi susah dapatnya. Lah tumben. Akhirnya aku memutuskan untuk beli ikan salem dan ikan bandeng laut. Sampai rumah langsung bingung mau masak apa, yang penting gak dibikin balado atau digoreng biasa aja, tapi gak mau dipepes juga. Gimana tuh?

Akhirnya aku ublek-ublek buku resep, lalu mata tertuju pada resep masakan dari Maluku ini; Ikan Maskrim. Di resep sih harusnya pakai ikan kembung, tapi karena punyanya ikan salem yaudah aku pakai ikan salem. Toh gak terlalu berbeda kan, hehe..

Nah PR lainnya adalah penggunaan belimbing wuluh, ya mana punyaaa! Eh lah kok ternyata mama mau kondangan di rumah tetangga di perumahan aku dulu tinggal, ya aku nitip lah minta petikin belimbing wuluh di rumah tetanggaku itu. Sampai rumah, mama ternyata bawain belimbing wuluh lumayan banyak, hampir sekantong plastik sekiloan. Padahal butuhnya cuma 10 biji. Yah lumayan lah buat persediaan kan.

Kembali ke Ikan Maskrim, masakan ini mirip dengan pindang ikan. Rasanya agak asam tapi segar dan aromanya itu loh, bikin nelan ludah..soooo aromatic. Masaknya juga cenderung mudah dan bahannya gak terlalu banyak loh. Simple banget!

Resep Ikan Maskrim


Bahan-bahan:

  • 500 gr ikan kembung atau ikan salem
  • 1 sdt air jeruk nipis
  • 750 ml air
  • 2 lembar daun pandan, potong 5 cm
  • 10 buah belimbing wuluh, potong 1 cm
  • 8 buah cabe rawit merah
  • 1 sdt garam
  • 1/2 sdt merica
  • 1/2 sdt gula pasir
  • Minyak untuk menumis


Bumbu halus:
  • 8 siung bawang merah
  • 3 batang sereh, ambil bagian putih ya
  • 1 ruas kunyit

Cara membuat:
  • Lumuri ikan dengan air jeruk, diamkan selama 10 menit. Sisihkan.
  • Panaskan 2 sendok makan minyak dalam wajan, tumis bumbu halus sampai harum. Masukkan air, daun pandan, belimbing wuluh, dan cabai rawit. Masak sampai mendidih.
  • Masukkan garam, merica, dan gula. Aduk rata. Masukkan ikan, masak kembali selama 10 menit atau sampai ikan matang.
  • Angkat, biarkan hangat. Sajikan.

Selamat Mencoba!

No comments:

Post a Comment